Water Level Sederhana Menggunakan Gerbang Logika

Kali ini kita akan berbagi cara membuat water level sederhan menggunakan gerbang logika dasar. pertama kita harus mengetahui dulu apa sih Water Level itu? Water Level adalah suatu rangkaian elektronika untuk mendeteksi level/tingkat air didalam tangki/bak. Rangkaian ini sangat berguna untuk memonitoring ditempat-tempat yang susah untuk dijangkau seperti diatas gedung, memang bisa kita mengecek secara manual tapi tidak ada salahnya kalau kita memanfaatkan Rangkaian Sederhana ini, dijamin akan lebih praktis daripada kita mengeceknya secara manual. untuk selanjutnya mari kita mulai tahapannya. Pertama kita harus merancang Output Keinginan kita dalam bentuk tabel, kita bisa menyebutnya dengan tabel keinginan atau tabel kasus.
Tabel keinginan
Tabel keinginan
Dari tabel diatas dapat kita simpulkan bahwa:

  • Jika semua sensor bernilai 0 karena tidak ada air maka indikator tidak ada air menyala.
  • Jika sensor air sangat rendah bernilai 1 maka indikator air sangat rendah menyala.
  • Jika sensor air rendah dan sensor air sangat rendah bernilai 1 maka indikator air rendah menyala.
  • Jika sensor air sedang, sensor air rendah dan sensor air sangat rendah bernilai 1 maka indikator air sedang menyala.
  • Jika sensor air penuh, sensor air sedang, sensor air rendah dan sensor air sangat rendah bernilai 1 maka indikator air penuh menyala.
jika kita selesai merancang tabel keinginan/tabel kasus maka langkah selanjutnya kita akan merancang bagaimana penempatan dari sensor.
Penempatan Sensor
Penempatan Sensor
sensor yang digunakan berjumlah 4 buah, sensor bisa dibuat dengan kabel biasa. Cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan sifat air yang merupakan penghantar. sebenarnya sensor ini tidak praktis karena sekarang ada jenis sensor lain yang menurut saya lebih praktis, mungkin lain kali kita akan bahas. untuk selanjutnya kita merancang rangkaiannya, ada beberapa cara untuk merancang tapi yang paling mudah dengan menggunakan Peta Karnaugh atau Karnaugh Map. kita anggap semua sudah bisa menggunakannya, mari kita lihat rangkaiannya!
Rangkain Water Level
Rangkain Water Level
Ada yang merasa aneh dengan rangkaiannya? sebenarnya bukan aneh tapi tidak sama. Kenapa tidak sama? Disini saya membuat tidak menggunakan metode Karnaugh Map tapi menggunakan Logika saya. Terus kenapa tidak menggunakan Karnaugh Map? Sebenarnya setelah saya buat rangkaian baru saya mengetahui tentang Karnaugh Map. kita kembali ke topik. Kita misalkan saklar 1,2,3 dan 4 (lihat gambar rangkaian water level, penunjuk hitam) sebagai sensor air 1,2,3 dan 4 (lihat gambar penempatan sensor). cara kerja sensor ini adalah dengan mendeteksi ada tidaknya air. Dengan kata lain sensor tersebut akan bernilai 1 jika terkena air dan sebaliknya akan bernilai 0 jika tidak terkena air. Sehingga hasilnya akan ditampilkan pada lampu indikator level air (lihat gambar rangkaian water level, penunjuk merah). nah dibawah ini ada rangkain menggunakan IC.
Rangkain Water Level IC
Rangkain Water Level IC
Dikarenakan rangkaian ini tidak menggunakan Karnaugh Map maka ada beberapa hal yang menyebabkan error, tapi error ini tidak masalah. mari kita lihat tabel kebenarannya!
Tabel Kebenaran Water Level
Tabel Kebenaran Water Level
perhatikan pada tabel baris 3, disini terlihat bahwa indikator tidak ada air bernilai 1, hal ini disebabkan karena input sensor air rendah bernilai 1 dan sensor dibawahnya (sensor air sangat rendah)  bernilai 0. jelas hal ini tidak mungkin karena jika sensor air rendah bernilai 1 maka otomatis sensor air sangat rendah yang berada dibawahnya juga akan bernilai 1. begitupun dengan error di baris 5, 6, 7 dan lain-lain. Error ini tidak akan mungkin terjadi kalau kita menggunakan Karnaugh Map. adapun untuk persamaanya dapat dilihat pada gambar dibawah.
Persamaan Rangkaian
Persamaan Rangkaian 


untuk melihat video simulasinya dapat mengunjungi
https://youtu.be/6OgbEB2pS5Y

Related Posts:

0 Response to "Water Level Sederhana Menggunakan Gerbang Logika"

Post a Comment