Sensor Reed Switch

Reed switch adalah sensor elektrik yang dioperasikan dengan memanfaatkan medan magnet. Tersusun atas lempengan metal yang terhubung dilingkupi tabung gelas. Ketika tercipta medan magnet antara dua buah lempengan, lempengan tersebut tarik-menarik sehingga arus listrik dapat mengalir. Ketika medan magnet hilang lempengan kembali ke posisi semula.
Reed Switch
Reed Switch
Reed switch dapat diandalkan hasil pengukurannya dan tahan lama, dapat digunakan sampai tiga juta operasi jika digunakan dengan benar. Reed switch dirancang untuk penggunaan arus lemah, jika diberi tegangan tinggi ujung lempengan akan menyatu seperti sambungan las. Sehingga pengaturan tegangan merupakan hal yang perlu diperhatikan pada penggunaan reed switch. Tabung gelas yang melingkupi lempengan dapat menghindarkan reed switch dari korosi atmosfer. Kelebihan lain dari reed switch yaitu nilai sensitivitasnya sebanding dengan energi magnetik yang menggerakkannya.
Rangkaian Reed Switch
Rangkaian Reed Switch
Rangkaian ini merupakan rangkaian saklar pada umumnya. Pada rangkaian ini dipasang resistor 4k7 agar arus yang keluar tidak terlalu besar, sedangkan reed switch diseri terhadap resistor dan diparalel terhadap kapasitor elektrolit, jadi ketika reed switch tertutup maka logika 0 akan Keluar dan logika 1 ketika reed switch terbuka. Untuk penggunaan kapasitor elektrolit dikhususkan agar output tidak muncul bauncing, sebenarnya bauncing ini tidak masalah namun bauncing ini merupakan musuh terbesar counter. Bouncing ini muncul pada setiap saklar mekanik. Bauncing terjadi pada saat posisi saklar berubah dari open ke close maupun sebaliknya, ketika perubahan posisi saklar maka output mengalami getaran, getaran inilah yang akan mempengaruhi proses kerja counter.

Input Tegangan
Output Tegangan
Magnet Terdeteksi
Magnet Tidak Terdeteksi
4,95 VDC
0 VDC
4,93 VDC

Related Posts:

2 Responses to "Sensor Reed Switch"

  1. pernah coba untuk saklar dinamo dari aki 12volt, tapi kok kerjanya hanya optimal pada dinamo merk tertentu, pada merk lain dia cuma bisa on setelan magnet menjauh dia gak bisa off, kenapa y gan? seperti lengket gitu, padahal spek dinamo mirip hanya beda merk dan pabrik, apa perlu komponen lain agar dia bisa normal on off dengan dinamo merk apapun?

    ReplyDelete
  2. Coba tes gabungin sama transistor,
    transistornya sebagai saklar.

    ReplyDelete