Program Perpustakaan Menggunakan Visual Basic 6

Program perpustakaan ini dibuat dengan menggunakan Visual Basic 6. Program perpustakaan ini terdiri dari 5 buah form, yaitu:

1. Form Login
Form Login
Form Login
Form ini berfungsi agar tidak sembarang petugas dapat mengedit bahkan menghapus database dari aplikasi perpustakaan ini. Ketika program dijalankan maka form ini yang akan dieksekusi pertama. Datebase user dan login password akan disimpan di direktori yang sama dengan aplikasi dengan nama file “password.db”.
DataBase Password
DataBase Password
Jika kita buka file “password.db” maka akan tampil seperti gambar diatas. “petugas perpus 1” merupakan nama user untuk login ke program, tanda “:” merupakan pemisah agar mudah dieksekusi sedangkan “123456” merupakan password untuk login ke aplikasi perpustakaan. Kalau user dan password yang dimasukkan tidak sama dengan database maka akan muncul peringatan seperti dibawah:
Pemberitahuan Password Salah
Pemberitahuan Password Salah

2. Form Menu
Form Menu
Form Menu
Form ini akan muncul ketika password pada form login yang diisikan sama dengan database password yang disimpan. Dalam form ini terdapat 4 command buttom diantaranya commans buttom “peminjaman buku”, command bottom “member” command buttom “ganti password” dan command bottom “exit”. Dinamakan form menu karena dalam form ini terdapat control yang diperlukan atau dengan kata lain form ini mengandung menu-menu yang diperlukan.

3. Form Member
Form Member Belum Ada Anggota
Form Member Belum Ada Anggota
Dalam form ini terdapat nama-nama anggota dari perpustakaan serta control untuk anggota, diantaranya “save”, “add”, “delete”, dan“edit”. Form diatas masih belum ada anggota, jika ingin menambahkan anggota maka hanya perlu menekan tombol “add” dan mengisi data diri dan klik tombol “save” seperti pada gambar dibawah
Form Member Sudah Ada Anggota
Form Member Sudah Ada Anggota
Pada lisbox akan menampilkan nama dan kelas sedangkan data yang lain akan dihiden. Jika menginginkan data yang komplit maka petugas hanya perlu klik pada nama anggota yang diinginkan maka data diri anggota akan tampil pada textboxt sebelah kiri.
Form Member Ketika Nama Anggota Diklik
Form Member Ketika Nama Anggota Diklik
Tombol “edit” diperlukan jika prtugas salah dalam menginput data dari dari anggotanya. Misalnya pada gambar diatas petugas ingin mengedit data diri dari “T M Arisuddin” maka petugas hanya perlu mengklik nama anggota pada listbox dilanjutkan dengan menekan tombol “edit”. Jika petugas ingin menambahkan kata “.Amd” pada nama “T M Arisuddin” maka petugas hanya perlu klik tombol “edit” dan memasukkan data yang ingin diedit serta klik tombol “save” untuk menyimpan perubahan, seperti gambar dibawah
Form Member Setelah Diedit
Form Member Setelah Diedit
Sedangkan tombol “delete” digunakan untuk menghapus anggota. Petugas hanya perlu klik pada nama anggota dilanjutkan dengan menekan tombol“delete”.

Database dari anggota akan disimpan pada direktori yang sama dengan aplikasi dengan nama file ”anggota.db”. jika file ini dibuka maka akan tampil data sebagai berikut:
DataBase Anggota
DataBase Anggota
Format penyimpanan database dimulai dengan 
nama:nim:kelas:semester:prodi:jurusan:alamat:tanggal pendaftaran 
sedangkan untuk anggota yang lain akan tampil pada baris selanjutnya.

4. Form Peminjaman Buku
Form Peminjaman Buku
Form Peminjaman Buku
Form ini berfungsi untuk menampung judul-judul buku serta nama anggota yang meminjam buku tersebut. Pada saat anggota meminjam buku maka petugas akan mengecek nama peminjam pada combobox seperti gambar dibawah
Form Peminjaman Buku dan Anggota Terdaftar
Form Peminjaman Buku dan Anggota Terdaftar
Kebetulan anggotanya hanya satu orang maka yang tampil hanya satu orang, jika anggotanya banyak maka akan tampil banyak pada combobox tergantung pada anggota yang telah didaftarkan pada “form member”.

Ketika nama peminjam di klik maka informasi dari peminjam akan tampil. Tampilannya seperti gambar berikut:
Form Input Data Buku Pinjaman
Form Input Data Buku Pinjaman
setelah itu petugas dapat mengimput judul, tahun, dan pengarang dari buku tersebut dilanjutkan dengan menekan tombol “pinjam”. Data tersebut akan dimasukkan pada listbox
Daftar Peminjam Buku
Daftar Peminjam Buku
Data yang tampil pada listbox hanya nama peminjam serta nim sedangkan informasi yang lain akan dihiden.

Jika petugas mengingikan informasi yang jelas maka petugas hanya mengklik pada nama peminjam maka informasi akan tampil disebelah kiri.
Form Pinjaman Buku danJudul Buku
Form Pinjaman Buku dan Judul Buku
Jika buku tersebut dikembalikan maka petugas hanya perlu meng klik nama peminjam pada listbox selanjutnya klik tombol “kembalikan”. Dan hasilnya sebagai berikut:
Form Peminjaman Buku Setelah Buku Dikembalikan
Form Peminjaman Buku Setelah Buku Dikembalikan
Terlihat bahwa nama pada listbox sudah dihapus.
Sedangkan database peminjaman buku disimpan pada direktori yang sama dengan aplikasi dengan nama file “data.db”. Jika file tersebut dibuka akan tarlihat sebagai berikut
DataBase Peminjam Buku
DataBase Peminjam Buku

5. Form Ganti Password
Form Ganti Password
Form Ganti Password
Form ini berfungsi jika user/petugas ingin mengganti password atau username. Form ini akan mengganti password atau username yang lama dengan password atau username yang baru. lihat gabar dibawah:
Form Ganti Password Dengan Password Baru
Form Ganti Password Dengan Password Baru
Dengan mengklik tombol “save” maka password atau username lama pada file “password.db” akan digantikan dengan password atau username yang baru.
DataBase Password Lama
DataBase Password Lama
DataBase Password Baru
DataBase Password Baru
Gambar diatas terlihat bahwa password yang lama berubah menjadi password yang baru.

Related Posts:

0 Response to "Program Perpustakaan Menggunakan Visual Basic 6"

Post a Comment