Wujud/Bentuk Kebudayaan Islam

  Wujud/Bentuk Kebudayaan Islam
Wujud/Bentuk Kebudayaan Islam
Bentuk atau wujud kebudayaan Islam dapat dibedakan menjadi tiga hal, yaitu:

Kebudayaan Islam yang berWujud Idea (Gagasan)
Wujud idea kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak; tidak dapat diraba atau disentuh.

Wujud kebudayaan ini terletak di alam pemikiran warga masyarakat. Jika masyarakat tersebut menyatakan gagasan mereka itu dalam bentuk tulisan, maka lokasi dari kebudayaan idea itu berada dalam karangan dan buku-buku hasil karya para penulis warga masyarakat tersebut.
Kebudayaan Islam yang berwujud idea diantaranya :
  1. Pemikiran di bidang hukum Islam muncul ilmu fiqih.
  2. Pemikiran di bidang agama muncul ilmu Tasawuf dan ilmu tafsir.
  3. Pemikiran di bidang sosial politik muncul sistem khalifah Islam (pemerintahan Islam) yang diprakarsai oleh Nabi Muhammad dan diteruskan oleh Khulafaurrosyidin. 
  4. Pemikiran di bidang ekonomi muncul peraturan zakat, pajak jizyah (pajak untuk nonMuslim), pajak Kharaj (pajak bumi), peraturan ghanimah (harta rampasan perang).
  5. Pemikiran di bidang ilmu pengetahuan muncul ilmu sejarah, filsafat, kedokteran, ilmu bahasa dan lain-lain. 
Di antara tokoh-tokoh yang berperan adalah:
  1. Imam Syafi'i, Imam Hanafi, Imam Hambali, Imam Maliki (bidang ilmu fiqih). 
  2. Umar bin Khattab (bidang administrasi negara dan pemerintahan Islam), 
  3. Ibnu Sina dan Ibnu Rusyd (bidang filsafat), 
  4. Ibnu Khaldun (bidang sejarah yang sering disebut dengan "bapak sosiologi Islam").
Kebudayaan Islam yang berwujud Aktivitas
Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial. Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang saling berinteraksi, mengadakan kontak, serta bergaul dengan manusia lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakuan. Sifatnya konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat diamati dan didokumentasikan.
Contoh kebudayaan Islam yang berwujud aktivitas atau tindakan di antaranya adalah:
  1. pemberlakuan hukum Islam seperti potong tangan bagi pencuri dan hukum razam bagi pezina. 
  2. penggunaan bahasa Arab sebagai bahasa resmi pemerintahan Islam pada masa Dinasti Umayyah (masa khalifah Abdul Malik bin Marwan) memunculkan gerakan ilmu pengetahuan dan penterjemahan ilmu-ilmu yang berbahasa Persia dan Yunani ke dalam bahasa Arab. Gerakan ilmu pengetahuan mencapai puncaknya pada masa Dinasti Abbasiyah, di mana kota Baghdad dan Iskandariyah menjadi pusat ilmu pengetahuan ketika itu.
Kebudayaan Islam Yang Berwujud Artefak (Benda)Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan. Sifatnya paling konkret diantara ketiga wujud kebudayaan.
Contoh kebudayaan Islam yang berbentuk hasil karya di antaranya: seni ukiran kaligrafi yang terdapat di masjid-masjid, arsitektur-arsitektur masjid dan lain sebagainya.

Related Posts:

1 Response to "Wujud/Bentuk Kebudayaan Islam"