Jenis-Jenis Mesin Yang Memanfatkan Sinar X

Berikut adalah berbagai jenis mesin sinar X :
  • CT Scanner

    CT Scanner
    CT Scanner
CT (computed tomography) scanner lazim digunakan dalam bidang kesehatan. CT Scan mengambil pemindaian dua dimensi yang kemudian diolah menjadi radiografi digital. Mesin CT Scan menyerupai sebuah kotak besar dengan lubang ditengahnya serta sebuah meja. Saat pemindaian, pasien berbaring di meja dan kemudian bergerak ke dalam lubang untuk dipindai. Hasil pemindaian kemudian diolah komputer untuk menghasilkan radiografi 2D.
  • Mesin sinar X tulang

Mesin Sinar X Tulang
Mesin Sinar X Tulang
Mesin sinar X tulang terdiri dari sebuah tabung sinar X yang disertai dengan sebuah meja pemeriksaan. Di bawah meja pemeriksaan terdapat film sinar X dan alat perekam. Tabung sinar X melekat pada lengan robot fleksibel yang dapat dipindahkan tergantung pada bagian tubuh yang dipakai. Tabung kemudian memancarkan foton yang melewati tubuh. Mesin ini memancarkan tingkat radiasi rendah yang tidak berbahaya bagi pasien. Mesin sinar X tulang ini juga tersedia dalam versi portablel berukuran kecil.
  • Linear Accelerator

    Mesin Linier Accelarator
    Mesin Linier Accelarator
Mesin linier accelerator digunakan untuk radioterapi. Mesin ini memancarkan radiasi untuk membunuh kanker tanpa mempengaruhi bagian tubuh lainnya. Mesin ini memancarkan sinar-X kuat agar mampu membunuh sel kanker. Mesin ini mudah dikalibrasi untuk disesuaikan dengan berbagai kondisi pasien yang berbeda.
  • Backscatter X-Ray
    Backscatter X-Ray
    Backscatter X-Ray
Mesin sinar X Backscatter digunakan untuk keamanan bandara dan memeriksa bagasi penumpang. Mesin ini dapat melihat melalui pakaian dan bahan lain sehingga dapat mendeteksi isi bagasi. Mesin sinar X backscatter menggunakan teknologi yang berbeda dari mesin sinar X tradisional. Alih-alih mengukur intensitas foton yang melewati suatu objek, mesin ini mengukur kemampuan benda untuk menyebarkan proton. Bahan seperti cairan dan logam akan menyerap foton lebih banyak. Komputer akan mengukur tingkat penyebaran yang kemudian menghasilkan gambar. Mesin sinar X ini menghasilkan gambar lebih cepat dan mudah serta menyediakan detil yang tajam, jauh lebih baik daripada mesin sinar X konvensional.

Related Posts:

0 Response to "Jenis-Jenis Mesin Yang Memanfatkan Sinar X"

Post a Comment