Prinsip Kerja Mesin X-Ray FISCAN CMEX-B6550 di Bandara

Benda atau objek yang akan diperiksa dikirim melalui lorong Tunnel melalui pengangkut konveyor. Barang yang akan diperiksa akan dideteksi oleh sensor Light barrier, ketika sensor ini mendeteksi adanya barang yang masuk maka sensor ini akan mengirim sinyal ke unit kontrol untuk menghidupkan sinar X. Sinar X yang berbentuk kipas akan menembus objek di atas konveyo. Sinar X yang ditembakkan akan diserap oleh objek yang diperiksa dan sisa dari sinar X yang dipancarkan tersebut akan mengenai detektor-detektor yang bebentuk seperti huruf L. Skema gambar tampak seperti berikut :
Prinsip Dasar
Prinsip Dasar
Sesuai dengan teknologi line scan yang digunakan oleh X-Ray FISCAN CMEX maka sinar X akan menembus barang yang sedang berjalan diatas conveyor secara sebagian demi sebagian (seiris demi seiris), sinyal bayangan dari seluruh obyek yang dikumpulkan garis demi garis terdiri dari 1280 pixel, bayangan 2 dimensi benda yang diperiksa akan dibentuk dan ditampilkan pada monitor.
Prinsip Line Scanning
Prinsip Line Scanning
Saat benda/objek yang diperiksa seiris demi seiris, sinyal–sinyal bayangan 1280 pixel secara beruntun dikirimkan pada unit pemprosesan bayangan. Sinyal–sinyal analog dari setiap pixel channel dikonversi ke dalam bit digita. perbedaan dari setiap pixel dari data bayangan disimpan pada memori digital video kemudian hasil setiap pixel akan membentuk sebuah pixel di layar monitor sehingga pada monitor dapat terlihat perbedaan jenis material berdasarkan warnanya.

Semua bahan–bahan dari yang mempunyai perbedaan ketebalan atau yang mempunyai kepadatan tinggi dapat ditembus oleh sinar X-ray akan ditampilkan pada monitor. Sistem juga dapat mengenali beberapa bahan yang mendapat perhatian khusus seperti bahan peledah dan obat dan akan ditampilkan dengan warna yang berbeda. Fungsi ini digunakan untuk memperingatkan petugas operator untuk memeriksa benda ini dengan seksama.

Related Posts:

0 Response to " Prinsip Kerja Mesin X-Ray FISCAN CMEX-B6550 di Bandara"

Post a Comment